Cerita Perjalanan Timun Mas

0

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan. Hal tersebut merupakan konsekuensi dari banyaknya suku-bangsa yang bersatu membentuk negara ini. Keberadaan suku-bangsa yang tersebar dari sabang sampai merauke tersebut turut menyumbang berbagai kearifan lokal sehingga membentuk identitas bangsa. Terdapat banyak lagu daerah, tari-tarian, permainan daerah, dan folklore. Semua itu dapat menjadi sumber inspirasi yang tak terperi dampaknya bagi kemajuan Indonesia.

Salah satu folklore atau cerita rakyat yang popular di Indonesia adalah cerita timun mas dan buto ijo. Cerita yang berasal dari Jawa Tengah itu menceritakan kisah tentang seorang anak yang lahir dari timun berwarna keemasan. Sebelumnya, biji timun itu dimiliki oleh sesosok raksasa berwarna hijau yang hendak memakan anak di dalamnya jika sudah besar. Namun karena Timun tumbuh menjadi wanita yang cerdas dan pemberani, sang raksasa tidak bisa dan tidak sampai memakannya.

Animasi berbasis elektronik, dalah hiburan yang lahir di akhir abad ke-19. Meski begitu, bayangan manusia akan ilusi tentang gambar yang bergerak jauh lebih tua dari itu. Manusia selalu merefleksikan hal-hal yang dipersepsinya. Dan itu tertuang dalam animasi. Untuk itu kelompok kami hendak membuat sebuah film animasi pendek berjudul CERITA PERJALANAN TIMUN MAS.

B. Tujuan

Film CERITA PERJALANAN TIMUN MAS ini bertujuan agar mengenalkan anak-anak Indonesia generasi sekarang kepada folklore yang berisi nilai-nilai kearifan lokal. Selain itu film ini juga sebagai bahan tugas akhir semester mata kuliah animasi grafis.

C. Manfaat

Agar film ini dapat dinikmati sebagai sarana hiburan dan pendidikan bagi masyarakat. Selain itu diharapkan film ini juga menjadi sarana kelulusan kami dalam mata kuliah animasi grafis.

LANDASAN TEORI

A. Landasan Teori

Prinsip animasi merupakan serangkaian pakem yang digunakan animator untuk menghasilkan ilusi optik yang tampak nyata dan hidup. Pada dasarnya, animasi adalah serangkaian gambar yang disusun dengan pengaturan tertentu sehingga membentuk ilusi berupa pergerakan objek. Dua animator senior Disney Ollie Johnston dan Frank Thomas menyusun kedua belas prinsip itu dalam sebuah buku berjudul “Illusion of Life”. Adapun kedua belas prinsip tersebut adalah sebagai berikut :

1. Squash and Stretch
Adalah prinsip animasi yang menjelaskan tentang sifat daari benda serta pergerakannya. Benda yang memiliki massa akan menyusut dan memuai tergantung pada posisi serta gaya pergerakan benda. Benda yang menyentuh benda lain dalam kecepatan penuh akan menyusut.


2. Anticipation
Adalah prinsip animasi yang menjelaskan bahwa setiap aksi selalu didahuluai oleh aksi sekunder yang tak kalah penting dari aksi primernya. Aksi itu disebut antisipasi yang mana mendahului aksi berikutnya yang membuatnya jauh lebih masuk akal sebagai sebuah aksi.


3. Follow Through & Overlapping
Prinsip ini menjelaskan tentang pergerakan sebuah benda selalu didahului oleh pangkalnya kemudian barulah ekornya. Benda yang berhenti juga tidak serta merta berhenti pada detik itu juga melainkan diikuti pergerakan susulan ekor.

 

4. Timing
Prinsip ini menjelaskan timing atau momentum percepatan sebuah objek apakah berjalan melambat atau justru semakin meningkatkan percepatannya.


5. Secondary Action
Prinsip ini menjelaskan tentang pergerakan sekunder yang fungsinya memberi penekanan pada pose atau aksi utamanya


6. Arc
Setiap benda yang bergerak kecuali mesin bergerak pada sebuah vektor atau garis imajiner yang melengkung. Hal itu akan memberikan kesan yang lebih hidup dari garis yang lurus sama sekali.


7. Staging
Adalah prinsip animasi yang menjelaskan bahwa posisi objek haruslah pada komposisi tertentu di dalam frame atau kamera. Ini akan memberikan kesan yang lebih baik daripada tidak memerhatikannya sama sekali. Posisi haruslah terlihatvjelas objek itu sedang melakukan apa sehingga tidak memberi kesan membingungkan.

8. Solid Drawing
Prinsip ini merupakan prinsip bagi animasi klasik yang masih menggunakan cat minyak biasa dan dilukis di atas kain kertas tembus pandang. Oleh sebab itu dibutuhkan penggambaran yang solid agar nantinya gambar bergerak dengan mudah tanpa memikirkan gradasi dan sebagainya.

9. Slow in dan Slow out
Pada dasarnya prinsip ini mengembangkan penyusunan gambar dalam frame. Semakin padat gambar dalam jumlah frame tertentu akan menghasilkan efek slow. Sedangkan semakin renggang gambar dalam rentang frame tertentu akan menghasilkan efek fast. Selain itu slow in merupakan melambatnya percepatan sebuah benda di akhir. Sedangkan slowout adalah melambat ketika sedang memulai pergerakan.

10. Appealing
Gambar yang dimaksudkan untuk animasi haruslah memberi kesan yang baik. Prinsip ini menekankan agar animasi memberi kesan menyenangkan ketika dilihat.

11. Exaggeration
Ini merupakan prinsip animasi yang melebih-lebihkan atau dramatisasi gerakan yang berlebihan. Alih-alih jatuh biasa, karakter bisa sajah jatuh karena kulit pisang misalnya.

12. Straight Ahead & Pose to Pose

Ini merupakan cara sebuah animasi dibuat. Straight Ahead adalah teknik yang memungkinkan animator menggambar satu per satu gambar mereka dari awal. Sedangkan pose to pose adalah teknik yang memungkinkan animator merencanakan pergerakan mereka dengan membuat terlebih dahulu pose kunci bagi animasi mereka.

METODE

A. NASKAH

Naskah dibuat dengan cara observasi terharap beberapa karya tulis dan animasi timun mas yang sudah ada, kemudian di modifikasi cerita dan karakternya agar memenuhi durasi yang di tentukan juga memenuhi dramatisasi yang dibangun.

Naskah dibuat pada tanggal 10 Maret 2022, menggunakan aplikasi celtx. Naskah di modifikasi sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi durasi yang ditentukan, yakni 3 menit.

CERITA PERJALANAN TIMUN MAS 

By 

Davit Mei Dwi P 

CERITA RAKYAT 2022


EXT. KEBUN DAY 

mbok sirni sedang bekerja dan memikirkan ingin mempunyai seorang anak 

VO : Mbok sirni ialah seorang janda 

tua yang menginginkan seorang anak 

untuk membantunya bekerja di kebun 

Tiba tiba datang buto ijo dan berjanji memberi sorang anak dengan cara menanam biji mentimun yang ia kasih 

BUTO IJO 

HA..HA..HA.. aku beri biji mentimun 

ini dan tanamlah ! niscaya kamu 

akan mendapatkan seorang anak ! 

dengan 1 syarat, setelah 17 tahun 

kau harus kembali padaku dan 

menyerahkan anak itu padaku untuk 

aku makan hahahaha... 

mbok sirni mengangguk dan ketakutan, Buto ijo memberi bijih mentimunnyaVO : mbok sirni setuju dengan 

perjanjian itu, buto ijo memberi 

bijih mentimun untuk ditanam dan 

dirawat 

EXT. KEBUN DAY 

terlihat timun emas yang sudah tumbuh besar dan siap dipetik VO : 2 Minggu kemudian, timun yang 

ditanamnya berbuah sangat besar dan 

berwarna emas berkilauan. 

INT. KAMAR TIDUR DAY 

mbok sirni membelah timun tersebut dan kagetnya mbok sirni, ternyata berisi seorang bayi perempuan 

VO : Lalu, mbok sirni membelah 

timun tersebut, dan kagetnya ia, 

timun tersebut berisi seorang bayi 

perempuan yang cantik jelita, 

kemudian diberi nama Timun Mas 

EXT. KEBUN DAY 

setelah 17 tahun, buto ijo datang menemui mbok sirni dan timun mas untuk menagih janjinya, tetapi mbok sirni meminta 2 tahun lagi dan raksasa pun setuju 

VO : 17 tahun berlalu, timun mas 

tumbuh menjadi gadis yang sangat 

(MORE) 

(CONTINUED)

CONTINUED: 2. 

cantik, kemudian buto ijo datang 

untuk menagih janjinya 

BUTO IJO 

HA..HA..HA.. 

VO : mbok sirni ketakutan dengan 

kehadiran buto ijo, dan ia meminta 

kepada buto ijo untuk datang lagi 2 

tahun lagi, buto ijo pun setuju 

dengan permintaan mbok sirni, 

karena semakin dewasa timun mas, 

semakin enak untuk disantap 

pikirnya. 

INT.KAMAR TIDUR NIGHT 

mbok sirni bermimpi menemui petapa di gunung gundul agar timun mas selamat 

VO : 2 tahun kemudian. suatu malam, 

mbak sirni bermimpi menemui petapa 

di gunung gundul untuk mendapatkan 

jimat untuk menyelamatkan timun 

mas. 

EXT.PERBUKITAN DAY 

mbok sirni pergi ke gunung gundul untuk meminta bantuan petapa untuk menyelamatkan timun mas 

VO : Keesokan harinya mbok sirni 

pergi ke gunung gundul untuk 

menemui petapa tersebut, kemudian 

petapa memberinya empat buah 

bingkisan kecil yang berisi biji 

mentimun, jarum, garam, dan terasi 

sebagai jimat penangkal buto ijo. 

petapa memberikan jimat kepada mbok sirni 

INT.RUMAH DAY 

mbok sirni memberikan jimat kepada timun mas, dan menyuruh timun mas untuk keluar rumah melalui pintu belakang VO : pagi itu, mbok sirni 

memberikan jimat tersebut kepada 

timun mas, buto ijo itu mengetuk 

pintu untuk menagih janjinya, mbok 

sirni segera menyuruh timun mas 

kabur dari rumah melalui pintu 

(MORE) 

(CONTINUED)

CONTINUED: 3. 

belakang, namun naasnya, timun mas 

ketahuan oleh buto ijo, dan buto 

ijo segera mengejarnya 

EXT. HUTAN DAY 

raksasa mengejar timun mas dan timun mas menebar jimat itu satu persatu 

VO : dalam pengejaran, timun mas 

ingat dengan jimat yang diberikan 

oleh mbok sirni, ia pun menebar 

bingkisan pertama berisi biji 

mentimun, ajaib biji tersebut 

berubah menjadi ladang mentimun 

yang berbuah lebat, namun buto ijo 

menghiraukannya, lalu bingkisan 

kedua yang berisi jarum ditebarnya, 

dan berubah menjadi hutan bambu 

yang patah sebagian, sehingga 

melukai kaki buto ijo, namun buto 

ijo tetap berlari mengejarnya 

dengan kaki yang berdarah darah, 

lalu timun mas membuka bingkisan 

ketiga yang berisi garam, seketika 

berubah menjadi lautan yang luas, 

buto ijo melewati lautan itu dengan 

dengan cara menyelaminya, lalu 

timun mas menebar bingkisan 

terakhir yang berisi terasi, 

seketika terbentuk kubangan lumpur 

yang mendidih, buto ijo 

terperangkap dalam lumpur yang 

panas itu dan tak mampu 

menyelamatkan diri, dan tenggelam 

di dalamnya. 

EXT. PADANG RUMPUT AFTERNOON 

mbok sirni dan timun mas berpelukan dan bersyukur VO : Akhirnya timun mas selamat, 

mbok sirni dan timun mas bisa hidup 

selamat dan bahagia selamanya. 

END.



B. DESAIN KARAKTER

Pada cerita Timun Mas, terdapat 3 karakter utama yakni, Timun Mas, Mbok Sirni, dan juga Buto Ijo. Desain karakter dibuat tepatnya pada tanggal 17 Maret 2022, desain karakter yang dibuat memiliki referensi dari karya akun instagram @omegahanifa yang merupakan tugas akhir kuliahnya di program studi DKV di ISI Yogyakarta dengan judul : Crossover Folklore Nusantara


Dengan referensi tersebut, penulis mendapatkan ide untuk membuat karakter dari cerita perjalanan timun mas, dengan sedikit memodifikasinya.




C. STORYBOARD

Storyboard dibuat untuk mempermudah dalam proses produksi agar shot yang ditata lebih terjadwal dan tersusun rapi, sehingga memudahkan ilustrator dan animator dalam menggarap scene scene yang sudah tertata. Storyboard ini dibuat dalam jangka waktu 1 hari, pada tanggal 1 April 2022. Storyboard ini dibuat menggunakan software aplikasi Procreate di iPad.







PEMBAHASAN

A. PRODUKSI

Pada tahap produksi ini terbagi menjadi 2 tahapan yakni perekaman voice over dan juga membuat ilustrasi setiap scene yang ada. Voice over direkam menggunakan aplikasi recorder Audacity, proses perekaman voice over ini tidak memakan waktu yang cukup lama, karena menggunakan software tersebut, bisa langsung melakukan proses editing suara.

Tahap selanjutnya yakni tahap menggambar setiap scene yang sudah dibuat di storyboard, ilustrator mengambar setiap scene dengan metode memisahkan layer layer terntentu seperti, tangan, badan, background, dan semua object yang akan digerakan. Metode ini bertujuan untuk memudahkan animator dalam menganimasikan objek, background maupun karakter yang ada. Ilustrator menggambar setiap scene menggunakan software aplikasi Procerate di iPad yang kemudian di export menjadi format .psd, bertujuan agar file yang di eksport masih terdapat layer layer , yang kemudian dapat di animasikan oleh animator

B. PASCA PRODUKSI

Pada tahap ini, terdapat 2 tahapan yakni animating, dan juga compositing. Pada proses animating, seorang animator telah menerima file projek yang berforman .psd dari seorang ilustrator yang kemudian di import ke software adobe after effect untuk dianimasikan setiap bagian bagiannya. Metode yang digunakan untuk menganimasikan sebuah objek yakni menggunakan rotasi, position dan scale, animator juga menggunakan puppet animation menggunakan pin di setiap sendi, untuk menggerakan setiap objek agar terlihat squash and stretch.

Setelah proses animating selesai, kemudian melakukan proses tahapan compositing menggunakan software aplikasi Adobe Premiere. Pada tahap ini berfungsi untuk menggabungkan semua scene yang telah di animasikan, dan kemudian menggabungkan juga voice over yang telah direkam dengan ditambahkan background musik, efek suara dan juga efek visual agar mempercantik animasi dan menambah dramatisasi pada cerita tersebut.

PENUTUP

Cerita Perjalanan Timun Mas ini dikerjakan oleh 2 orang dengan total pengerjaan sekitar 2 bulan dari proses pra produksi hingga pasca produksi. Cerita Perjalanan Timun Mas berdurasi total 4 menit 13 detik.

Laporan ini ditulis sebagai referensi dan sumber inspirasi sebuah pengerjaan film animasi sederhana dengan berbagai metode dalam beberapa tahap produksi. Penulis terbuka untuk menerima kritik dan saran untuk karya film animasi Cerita Perjalanan Timun Mas, agar kami terus berkembang dan terus belajar.

Oleh Davit Mei Dwi P & Alif Haryatma Rachman 

DAFTAR PUSTAKA

Ollie Johnston, Frank Thomas. 1995. The Illusion of Life.
Richard Williams. 2001. The Animator’s Survival Kit.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)