10 CONTOH FONT UNTUK MAJALAH

0

1. Tiempos Text


Font Tiempos adalah jenis Font Serif yang dirancang oleh Kris Sowersby desainer yang berasal dari Selandia Baru. Font ini berawal sebagai cabang dari Font Galaxie Copernicus, tapi akhirnya berkembang menjadi keluarga sendiri. Desainnya juga sangat terpengaruh dari Font Times New Roman terutama pada bagian varian font yang miring. Font Tiempos mempunyai font pendamping yaitu Tiempos Headline yang dibuat untuk penulisan topik utama karena memiliki ukuran yang lebih besar. Font Tiempos memiliki 4 Weights yaitu reguler, medium, semibold, dan bold masing-masing memiliki huruf miring yang serasi.


Font Tiempos ini sangat cocok pada majalah karena ukuran yang lebih besar, dengan keseimbangan antara kepraktisan dan keanggunan membuat font Tiempos Headline ini sering digunakan di bagian topik utama majalah. Bentuknya yang mirip font Times New Roman menjadikan font Tiempos juga sering digunakan pada bagian isi pada majalah. Seperti contoh majalah dibawah font Tiempos Headline & Text digunakan pada IL Magazine

2. ANO


Ano adalah jenis font sans serif geometris yang dibuat oleh Gareth Hague seorang desainer grafis untuk Alias yang berasal dari London. Font ini diterbitkan melalui Alias pada tahun 2012. Jenis font ini awalnya dibuat untuk majalah Another Man. Font Ano menampilkan beberapa variasi menarik ada italic yang miring ke belakang dan gaya Upper Lower yang ditukar huruf besar dengan versi Upper Case yang diperbesar.


Font ANO yang digunakan pada Majalah AnotherMan dan pada Majalah Soccerbible. Kontras yang ekstrim memberikan font ANO tampilan yang sangat bergaya dan sangat khas untuk kedua majalah tersebut walaupun AnotherMan adalah majalah Fashion dan Soccerbible majalah Olahraga tapi tetap cocok untuk kedua majalah tersebut.

3. Didot


Font Didot berasal dari keluarga percetakan terkenal Prancis yang aktif pada abad kedelapan belas dan kesembilan belas yaitu Firmin Didot. Sedikit sejarah singkat Firmin Didot juga merupakan penemu stereotipografi, sebuah inovasi dalam proses pencetakan yang sangat mengubah industri buku. Firmin Didot terinspirasi dari jenis font Baskerville dan melakukan eksperimennya dalam bentuk huruf secara ekstrim, merancang font pertamanya pada tahun 1784. Font ini, dianggap sebagai jenis huruf Modern pertama, memiliki kontras tinggi antara goresan tebal dan tipis, serif hairline tanpa tanda kurung, dan vertikal stres dalam stroke bulat.


Didot adalah jenis huruf yang sangat kontras, umumnya tidak cocok untuk body copy atau isian majalah atau buku karena tingkat kontrasnya yang tinggi (yang membuatnya sulit dibaca), dan lebih disukai untuk cover halaman atau headline judul.

Pada jaman modern ini jenis huruf Didot sering digunakan pada majalah Fashion karena Proporsi huruf adalah salah satu aspek yang paling penting dan juga kontras yang sangat diperlukan untuk tampilan yang seksi pada majalah Fashion. Kontras tinggi antara garis tebal dan tipis di samping model yang cantik adalah formula utama untuk tampilan majalah Fashion terutama pada Font Didot ini. Seperti pada majalah Fashion Scalon.

4. Helvetica

Helvetica merupakan jenis font Sans Serif yang dibuat oleh Max Miedinger untuk Haas'sche Schriftgieserei (Haas Type Foundry) di Swiss pada tahun 1957. Desain Helvetica sendiri terinspirasi dari jenis font terkenal pada abad 19 yaitu Akzidenz Grotesk. Nama asli Helvetica disebut Neue Haas Grotesk tapi kemudian pada tahun 1960 namanya diubah menjadi Helvetica yang artinya Swiss dalam bahasa Latin. Helvetica dianggap sebagai tipografi neo-grotesque klasik. Pada saat ini keluarga font helvetica asli memiliki 34 font weights berbeda, 20 weights tersedia di dalam bahasa Eropa Tengah, 20 weights juga tersedia dalam versi Cyrillic. Dan 4 lagi tersedia dalam bahasa Yunani.


Font Helvetica sering digunakan pada bagian isi majalah karena tampilannya yang bersih, formal, dan elegan. Helvetica dianggap sebagai font Sans Serif,yang berarti hurufnya tidak memiliki ujung atau ekor. Font serif, seperti Times New Roman, memiliki ekor dan sering digunakan dalam majalah dan buku. Helvetica tetap menjadi pilihan paling populer, karena tampilan bersihnya dianggap lebih mudah dibaca di layar.

Sebenarnya Font Helvetica merupakan salah satu font Sans Serif yang paling banyak digunakan dan menjadi pilihan populer untuk beberapa logo perusahaan terkenal, berhubung saya membahas font untuk majalah jadi saya tidak akan memberikan contohnya.

5. F37 Bella


F37 Bella adalah jenis font Serif modern yang dibuat oleh Rick Banks (Face37). Dibuat dalam gaya klasik Didot Prancis tetapi dengan tambahan sentuhan geometris modern. Font ini juga merupakan pemenang penghargaan TDC Tokyo 2012 Award. F37 Bella tersedia dalam 3 Weights Original, Heavy, & Stencil. Font ini sering digunakan pada bagian sampul majalah atau topik utama pada majalah gaya hidup pria karena font F37 Bella adalah font yang sangat stylish dengan garis tebal dan tipis, dan lingkaran di akhir huruf tertentu. Memberikan kesan yang gagah dan sangat gentle, seperti contoh majalah Squaremile dibawah ini.


6. Doyle


Doyle adalah jenis font serif yang dibuat oleh Lucas Sharp dan Marc Rouault. Dipublikasikan lewat Sharp Type pada tahun 2019. Bentuknya yang organik dan gemuk mengambil style dari Cooper Black dan ITC American Typewriter, Doyle mengambil banyak isyarat dari kedua font tersebut. Perubahan dan penggabungan dari kedua font membuat sesuatu yang baru bentuknya yang terstruktur dan longgar. Font Doyle biasanya digunakan sebagai cover ataupun isian. Karena memiliki banyak sekali karakter dan merupakan pilihan font yang bergaya sama seperti Cooper Black.


7. Moderat

Moderat adalah jenis font Sans Serif kontemporer yang ditandai dengan kombinasi bentuk geometris, memiliki x-height yang besar. Jenis font ini dikembangkan oleh kolaborasi dua mahasiswa desain grafis, Fabian Fohrer dan Fabian Huber. Moderat memiliki 2 Weights regular dan bold, tidak memiliki italic. Font Moderat paling cocok untuk digunakan sebagai isian pada majalah karena bentuknya yang mudah dibaca dan tegas, dan juga cocok untuk bagian pada Judul.


8. ITC American Typewriter

ITC American Typewriter adalah jenis font slab serif, jenis font slab serif adalah font yang ujungnya memiliki kait, yang membuatnya seperti tulisan dari mesin ketik. ITC American Typewriter didesain pada tahun 1974 oleh Joel Kaden dan Tony Stan. Desainnya yang proporsional dibanding monospaced membuatnya lebih cocok untuk digunakan sebagai isian pada majalah dan juga menambah kesan retro. Penggunaan font Moderat untuk Judul/Topik Penggunaan font Moderat untuk Isian.


9. Gotham

Gotham adalah jenis huruf Sans-Serif geometris dan merupakan salah satu font yang paling banyak digunakan pada beberapa dekade terakhir. Dibuat oleh Tobias Frere-Jones dan dirilis pada tahun 2000. Desainnya terinspirasi dari huruf arsitektur abad pertengahan, tidak seperti jenis Sans- Serif lainnya yang mungkin vibesnya terasa seperti Jerman atau Swiss, dan Gotham terasa sangat Amerika. Keluarga Gotham tersedia dalam 8 Weights yaitu thin, extra light, light, book, medium, bold, black dan ultra. Gotham sering digunakan pada majalah di bagian cover majalah atau judul pada majalah.


10. Franklin Gothic

Franklin Gothic adalah jenis font Sans-Serif yang dibuat oleh Morris Fuller Benton pada tahun 1902. Font Franklin Gothic memiliki nuansa koran klasik dan membuat seperti bernostalgia. FontFranklin Gothic pada awalnya hanya memiliki satu Weights tapi selang beberapa tahun akhirnya keluarga Franklin Gothic diperluas dan menambah beberapa Weights seperti italic, condensed, condensed shaded, extra condensed dan varian wide. Kemudian pada tahun 1979 International Typeface Corporation membuat 4 Weights baru yaitu Book, Medium, Demi dan Heavy. Franklin Gothic sangat baik digunakan untuk majalah karena sudah sangat dering digunakan pada media seperti buku, koran ataupun yang lainnya.



Oleh SUWANDY EKO SAPUTRA SIHOMBING

Daftar Pustaka

https://www.typewolf.com/tiempos-text

https://www.typewolf.com/ano

https://www.behance.net/gallery/62795487/ANO-typeface-regular

https://www.typewolf.com/didot

https://medium.com/@redheadedmandy/didot-typeface-d38ee7c02c4c

https://www.fonts.com/font/linotype/helvetica/story

http://www.eyemagazine.com/feature/article/why-helvetica

https://fontsinuse.com/uses/41565/das-heu-magazine-issue-01

https://visualhierarchy.co/blog/the-helvetica-font-family/

https://www.typewolf.com/f37-bella

https://weandthecolor.com/f37-bella-typeface-by-rick-banks-on-hypefortype/17085

https://www.typewolf.com/doyle

https://sharptype.co/typefaces/Doyle/#specimen

ttps://www.typewolf.com/moderat

https://www.behance.net/gallery/30425503/Moderat-Typeface

https://www.typewolf.com/itc-american-typewriter

https://fontsinuse.com/typefaces/20/gotham?page=3

https://docs.microsoft.com/en-us/typography/font-list/franklin-gothic

https://www.typewolf.com/franklin-gothic

https://fonts.adobe.com/fonts/atf-franklin-gothic#about-section

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)